Anda di sini: Home // Blog // Cerdik Memilih Promosi Makanan

Cerdik Memilih Promosi Makanan

Promosi-MakananKesibukan sehari-sehari terutama dalam urusan pekerjaan seringkali menuntut agar segalanya serba instan. Yakni orang-orang pada umumnya mencari segala sesuatu yang praktis. Misalnya saja, kita melihat bahwa orang-orang lebih memilih ke laundry ketimbang mencuci pakaian sendiri. Tidak hanya itu, dalam urusan makanan juga kebanyakan membeli makanan siap saji yang praktis.

Melihat kondisi demikian, produsen menanggapi dengan menyediakan berbagai produk makanan olahan yang praktis untuk dibeli. Tidak heran jika dimana-mana kita dapat melihat banyak promosi makanan yang dipajang.

Promosi makanan yang menarik perhatian tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Bagaimana agar kita tidak hanya tergiur dengan promosi dan dapat memilih dengan bijaksana?

Menganalisis Promosi Makanan dengan Bijaksana

  • Kondisi Kemasan Makanan
    Salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika melihat promosi makanan adalah kondisi kemasan makanan itu sendiri. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan membeli makanan yang kemasan nya sudah rusak, kusam, berkarat, penyok, robek, terbuka, dll. Makanan dengan kondisi demikian bisa menyebabkan keracunan.
  • Harga
    Jangan mudah tergiur dengan promosi makanan yang menawarkan harga yang cukup murah. Anda tentu semestinya bertanya-tanya mengapa makanan yang demikian lezat dapat dijual dengan harga murah. Bisa jadi, ada zat berbahaya yang ditambahkan pada makanan tersebut. Meskipun demikian, harga mahal juga tidak menjamin keamanan suatu produk. Lebih baik, periksalah label kemasan terlebih dahulu.
  • Masa Kadaluwarsa
    Kita tentu mengetahui bahwa makanan yang sudah melewati masa kadaluwarsa sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa sebelum membeli.
  • Label Kemasan
    Seperti yang sudah dianjurkan sebelumnya, kita harus terlebih dahulu memeriksa label kemasan produk yang akan dibeli. Pemeriksaan ini meliputi melihat kandungan makanan, bahan pembuatannya, nama produk, nama produsen dan alamatnya, masa kadaluwarsa, dan berat bersih. Anda juga perlu memastikan bahwa produk tersebut sudah memiliki izin dari depkes atau pun BPOM.
  • Perubahan Makanan
    Selain perubahan pada kemasan, Anda juga harus berhati-hati jika terjadi perubahan rasa, warna, atau perubahan bentuk pada makanan yang terdapat di dalam kemasan. Misalnya saja, bau dan rasanya tidak sedap.

Memang sebenarnya makanan kemasan memiliki pengaruh positif dan negatif. Salah satu nilai positif dari makanan kemasan adalah meminimalisir makanan terbuang. Pada negara maju yang banyak menggunakan makanan kemasan, jumlah makanan terbuang hanya sejumlah 3% saja. Sebaliknya, pada negara berkembang jumlah makanan terbuang mencapai 30%. Kemasan makanan juga bertujuan agar makanan terjaga dan tidak terkontaminasi debu atau kuman.

Sedangkan pengaruh negatif dari makanan kemasan yakni terhadap kesehatan mengingat banyak produsen yang menambahkan bahan kimia seperti pengawet, penambah rasa atau pewarna ke dalam produknya. Kandungan makanan kemasan juga tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dengan lengkap. Lagi pula, banyak makanan kemasan yang harus diolah lagi sehingga tidak sesuai dengan tujuan awal sebagai makanan praktis atau siap saji.

Anda harus cerdik dalam menilai promosi makanan karena diketahui bahwa banyak produk mengandung zat aditif. Kandungan ini meliputi BHA dan BHT, natrium sitrat, MSG, gula buatan, warna makanan sintetis, dan juga trans-lemak.

Kandungan-kandungan tersebut dapat menyebabkan obesitas, serangan jantung, membuat arteri jantung lebih keras, bahkan gagal jantung.

Makanan kemasan yang tidak sehat atau pun berbahaya dapat menimbulkan alergi dan ruam pada kulit, menimbulkan penyakit, membuat tubuh cepat merasa lelah, sembelit, diare, hingga mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Kita tentu tidak akan lebih mengutamakan kepraktisan ketimbang kesehatan kita sendiri, bukan? Makanan yang diolah sendiri dari bahan alami lebih dianjurkan ketimbang makanan instan. Meskipun demikian, bagi Anda yang terpaksa harus membeli makanan kemasan, cerdik lah dalam memilih dan tidak hanya tergiur oleh promosi makanan!.

Foto Ilustrasi Promosi Makanan Oleh  Sayurmayur



Peringatan! Pemasangan iklan baris di situs ini gratis (tidak dipungut biaya). Dan semua akibat yang ditimbulkan oleh iklan yang terdapat pada situs PeLapaK.com ini diluar tanggungjawab pengelola situs. Waspadalah pada setiap kemungkinan.

Tinggalkan komentar untuk

Cerdik Memilih Promosi Makanan

«
»
Copyright © 2011 PeLapaK Iklan Baris Gratis. All rights reserved.
Tulisan tentang Promosi Makanan.