Anda di sini: Home // Blog // Kiat Memilih dan Membeli Makanan Halal

Kiat Memilih dan Membeli Makanan Halal

Makanan-HalalPada kitab suci Al Qur’an, Allah telah melarang sejumlah jenis makanan agar tidak dikonsumsi oleh manusia. Tujuannya tidak lain tentu berkaitan dengan kesehatan, jiwa, dan pikiran kita. Ketentuan tersebut dapat Anda baca di ayat 173 dari surat Al-Baqarah.

Pernyataannya adalah “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut nama (selain) Allah. Namun dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Dari ayat yang dibaca tersebut, Anda tentu dapat mengetahui makanan apa saja yang boleh untuk dimakan dan mana yang tidak. Makanan halal adalah makanan yang tidak disebutkan dalam pernyataan tersebut, misalnya sayur-sayuran, kacang-kacangan, daging kambing, ayam, sapi, cumi-cumi, ikan, kepiting, umbi-umbian, telur, udang, olahan kacang kedelai, dan sebagainya.

Berbeda dengan makanan tidak halal, makanan halal sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan dan kesehatan tubuh. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih makanan agar tidak mengkonsumsi makanan yang tidak dihalalkan.

Kecermatan dalam memilih makanan halal terutama dibutuhkan ketika Anda berbelanja di pasar atau pun toko. Salah satunya adalah ketika membeli daging potong. Anda harus mengenal dengan jelas dan dapat membedakan antara daging sapi atau justru daging babi.

Daging yang dijual dalam kondisi sudah terpotong-potong bisa jadi kelihatan mirip padahal jelas berbeda. Begitu pula ketika Anda hendak membeli makanan kemasan. Pastikan bahwa makanan tersebut sudah dinyatakan halal dengan adanya label halal pada kemasan. Berikut ini beberapa saran yang dapat Anda pertimbangkan dan gunakan dalam memilih makanan halal.

Kiat Memilih Makanan Halal yang Dijual di Pasaran

Banyak makanan yang tersedia di pasaran tidak terjamin kehalalannya. Oleh sebab itu, Anda dituntut harus lebih cermat dan bijaksana ketika hendak memilih dan membeli makanan, baik itu makanan instan, bahan makanan, maupun makanan yang sudah siap saji.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa makanan yang Anda beli adalah makanan halal dijelaskan di bawah ini.

  • Ketika membeli daging, langkah yang paling bijaksana adalah membeli daging yang kondisinya masih utuh. Contohnya, Anda dapat membeli ayam yang masih hidup kemudian meminta penjual untuk memotongnya atau Anda juga dapat menyembelihnya sendiri secara islam dan menyebut nama Allah Swt ketika melakukannya sehingga dapat dipastikan bahwa daging tersebut merupakan makanan halal.
  • Sebagai pembeli, tidaklah salah jika Anda bertanya terlebih dahulu kepada penjual untuk memastikan bahwa makanan yang akan dibeli halal atau tidak. Anda tidak perlu ragu melakukannya karena pembeli adalah raja.
  • Berhati-hatilah terhadap makanan yang dijual dengan sangat murah, padahal pada umumnya bahan makanan tersebut dijual jauh melebihi harga tersebut. Anda perlu mencurigai jika makanan tersebut merupakan selundupan, pencurian, atau hasil penimbunan. Lebih aman jika Anda membeli makanan dengan harga yang wajar. Anda harus lebih mengutamakan kehalalan ketimbang keuntungan.
  • Ketika membeli makanan kemasan, pastikan kemasan makanan menyertakan label halal. Hindari makanan yang tidak memiliki label halal, terutama jika makanan itu berasal dari luar negeri. Periksa dengan teliti di bagian kemasan agar Anda tidak ragu dalam mengkonsumsinya.

Banyak sekali makanan yang tersedia di pasaran sekarang yang menggunakan bahan-bahan yang tidak halal. Jika tidak cerdik dan berhati-hati, Anda bisa terkecoh dan terlanjur mengkonsumsi makanan yang sudah diharamkan. Selalu bijaksana dalam memilih makanan halal!

Foto Ilustrasi Makanan Halal  Oleh sehat2

Terkait:

Note Produk aman dan halal original Certificate Sucofindo No 07890 DBBPAH hasil memuaskan dan.

sedang booming tidak hanya di Indonesia melainkan di seluruh dunia karena selain halal keunikan.

POS karena kami menjunjung tinggi kejujuran Sekedar mencari tambahan halal Vinrattr Lisptik.

Halal sekaligus anda bisa menghasilkan uang dari Rumah serta memiliki penghasilan bulanan Anda.

hanya pesan kambingnya saja Harga sangat terjangkau enak dan dijamin HALAL 100 Cocok buat acara.

ini asli bali namun sudah memiliki sertifikat halal dari mui Bali Diproduksi dengan higienes Harga.

yang siap untuk dimasak menjadi menu-menu pilihan Higienis Halal Tanpa Pengawet dan Bebas Formalin.

www.facebook.com berthamps https www.facebook.com kaneshop SamYunWan wisdom 100 Original dan HALAL

di Philipina Terdapat tulisan HALAL pada kemasannya dan Expired date Sertfikasi pengeluaran dan. Summer Cake mendapat Sertifikat HALAL dari Islamic Dawah Council of The Philippines IDCP KELEBIHAN.

Fatimah Krim Pemutih Muka Herbal 100 Halal Fatimah Cream Cara kerja Cream siang Melindung kulit. Flek-flek Hitam Pada muka Tidak mengandung Merkuri dan Zat Kimia berbahaya lainnya Halal Dipakai.



Peringatan! Pemasangan iklan baris di situs ini gratis (tidak dipungut biaya). Dan semua akibat yang ditimbulkan oleh iklan yang terdapat pada situs PeLapaK.com ini diluar tanggungjawab pengelola situs. Waspadalah pada setiap kemungkinan.

Tinggalkan komentar untuk

Kiat Memilih dan Membeli Makanan Halal

«
»
Copyright © 2011 PeLapaK Iklan Baris Gratis. All rights reserved.
Tulisan tentang Makanan Halal .