Anda di sini: Home // Blog // Debat Capres Ke 2

Debat Capres Ke 2

debat-capres-ke-2

Debat capres putaran kedua dinilai telah menunjukkan beda kelas dan kualitas kedua capres. Kelas dan kualitas capres tersebut antara lain dapat dilihat dari materi yang disampaikan dan retorika yang digunakan. Berbeda dengan debat pekan lalu yang diikuti oleh capres dan cawapres, Kali ini hanya capres kedua kubu saja yang akan beradu argumentasi dalam visi mereka di bidang ekonomi tanpa didampingi oleh cawapres mereka.

Prabowo Subianto dan Jokowi tampak saling menunjukkan hasil persiapan terbaik mereka selama sepekan terakhir ini. Debat tersebut disaksikan oleh jutaan mata di tanah air karena disiarkan secara langsung oleh 2 stasiun televisi swasta. Tema debat adalah pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial dengan moderator Ahmad Erani Yustika dari Universitas Brawijaya.

“Prabowo Subianto menguasai hal-hal yang strategis buat negara sedangkan Joko Widodo menguasai hal teknis daerah,” kata pengamat komunikasi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Iswandi Syahputra

Pemahaman Joko Widodo pada isu ekonomi makro dinilai masih sangat rapuh. Misalnya soal utang luar negeri atau perusahaan asing yang rugikan Infonesia.
.
Sementara Prabowo, sangat menguasai berbagai isu makro ekonomi. Jawaban Prabowo menggambarkan dengan jelas kemampuan dia memahami dan memberi resolusi persoalan bangsa.

Dari segi retorika, Prabowo dinilai telah mengeluarkan 5 senjata retorika sekaligus mampu mempesona. Pada tahap awal Prabowo mampu menggunakan sekaligus dengan baik lima senjata retorika yaitu Invention (menemukan), arrangement (menyusun), style (menyajikan), memory (mengingat) dan delivery (menyampaikan).

Namun di bagian akhir Prabowo seperti kehilangan konsentrasi. Sedangkan Jokowi sama sekali seperti tidak menggunakan senjata retorika tersebut.
Cara berdebat Jokowi bisa menjadi ancaman bagi peningkatan kualitas demokrasi. Debat capres itu membahas masalah besar bangsa atau berbagai agenda yang mendapat perhatian publik secara luas.

Dalam paparannya Jokowi menyatakan akan membuat regulasi untuk membuat investor asing lebih sulit menanam modal di Indonesia. Capres nomer urut dua ini menyatakan hal ini sudah jamak dilakukan di negara-negara lain

“Kalau soal TPID, DAU atau DAK masuk materi debat capres, rendah sekali kehormatan sebuah debat Capres tersebut. Jika tim Jokowi tidak mengubah gaya debat, Jokowi bisa membuat forum debat capres menjadi murahan,”
Berikut ini adalah penilaian beberapa pengamat terkait penampilan kedua kontestan capres dalam debat capres ke II . Yang pertama adalah dari Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (SIGMA) yang disampaikan oleh direkturnya, Said Salahuddin. Menurutnya, Prabowo mampu tampil prima karena tanpa menggunakan kertas contekan dirinya dapat menjelaskan berbagai programnya secara sistematis. Namun Said juga memberi acungan jempol kepada Jokowi yang juga tampil sangat baik.

Sementara itu, menurut Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) yang diwakili oleh M. Afifudin, Jokowi mampu menunjukkan contoh-contoh konkrit. Sedangkan Prabowo dinilai mampu membuat narasi besar dalam janji-janjinya jika terpilih nanti. Karena Jokowi sudah memiliki pengalaman dalam menjabat sebagai pemimpin daerah, dirinya juga menyebut beberapa pihak dalam debat yang bertema tentang ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Visi, misi dan program kerja antar calon pasangan capres-cawapres menjadi hal yang paling ingin diketahui publik sebagai dasar menentukan pilihan dalam Pilpres 9 Juli.
Dalam rilis survei yang dilakukan Poltracking Institute, masyarakat menganggap penting untuk mengetahui visi, misi dan program kerja dua pasangan kandidat secara detail dengan persentase 36%.
Namun, ternyata mayoritas masyarakat belum mengetahui visi, misi dan program pasangan calon dengan persentase 60,5%. Masyarakat yang mengaku telah mengetahui visi,misi dan program sebesar 25,3%, yang tidak mengetahui sebesar 2,9% dan tidak tahu sebesar 11,1%. Selain visi dan misi, masyarakat menganggap penting untuk mengetahui rekam jejak kedua pasangan kandidat dengan perolehan 35,1%

Bagaimana dengan pilihan Anda? Apakah dari debat yang berlangsung dua kali ini sudah mengerucutkan pilihan? Tapi akan lebih baik jika kita ikuti dulu saja seluruh agenda debat hingga selesai.

Terkait:

menonton debat CAPRES atau saat melakukan pekerjaan rumah tangga LEMAK di tubuh terutama di.

Prabowo Tolak Cipika Cipiki Jokowi Dalam debat capres jilid II yang diselenggarakan di Jakarta. Minggu 15 6 2014 malam bukan hanya performa kedua capres yang disorot Apa yang ditunjukkan Prabowo. TV menayangkan adegan saat Jokowi dan Prabowo sedang memasuki ruangan khusus sebelum debat dimulai.

Debat Capres 1 Apakah anda sudah menyaksikan debat capres ke-1 pada tanggal 9 Juni 2014 Dari debat. debat hingga masing masing Capres Cawapres 2014 ini Tema yang dibahas pada debat Capres Cawapres. Kepastian Hukum Melalui tema tersebut tentu menarik banyak masyarakat untuk menyaksikan debat.

Capres dan Cawapres yang dicalonkan pada tahun ini sama sama memiliki daya tarik tersendiri bagi. Tentunya banyak cara yang dilakukan para capres untuk menarik simpati dan dukungan dari masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan para capres yaitu dengan kampanye yang bertujuan untuk menarik.

menyeret capres dari partai Gerindra dan mantan komandan Jenderal Kopassus Prabowo Subianto tidak. merupakan capres cawapres dalam Pilpres 9 Juli 2014 mendatang Banyak orang khawatir pencapresan.

Pasangan Capres 2014 Jokowi Vs Prabowo Analisis pesan sang pemimpin Pemilu atau pemilihan umum. rangka pengundian nomor urut capres kemarin Dalam pidato nya Prabowo secara gestur memang terlihat.

bagi para pendukung masing masing Capres dan Cawapres untuk membuat thread mengenai pencitraan. Pemilu yang akan diadakan 9 juli 2014 mendatang forum tersebut adalah Forum Pilih Capres Forum. Pilih Capres adalah tempat khusus di Kaskus untuk berbagi informasi dan berdiskusi mengenai segala.

lalu pada tahun 2014 beliau kembali mendaftarkan diri menjadi capres bersama dengan wakilnya Hatta.

capres dan cawapresnya di Pilpres 2014 Jika kita lihat keempat profil dari capres yang akan di. melesat mengalahkan Golkar bahkan PDIP tetap ada Begitu juga dengan Gita Wirjawan sebagai Capres. partai raksasa memilih koalisinya Capres dan cawapres yang diusulkan dari partai partai memang.

yang dapat dilakukan oleh para kandidat capres 1 Jadilah Otentik Seorang calon pemimpin harus.



Peringatan! Pemasangan iklan baris di situs ini gratis (tidak dipungut biaya). Dan semua akibat yang ditimbulkan oleh iklan yang terdapat pada situs PeLapaK.com ini diluar tanggungjawab pengelola situs. Waspadalah pada setiap kemungkinan.

Tinggalkan komentar untuk

Debat Capres Ke 2

«
»
Copyright © 2011 PeLapaK Iklan Baris Gratis. All rights reserved.
Tulisan tentang Debat Capres Ke 2.